Visi & Misi
VISI DAN MISI
A. Visi Sekolah
Visi SD Islam Terpadu Ibnu Mas’ud adalah:
“ Religius, berkarakter, dan berprestasi.”
Misi
Religius:
- Beriman kepada Allah SWT dan lima rukun yang lain dengan mengetahui fungsinya, serta terefleksi dalam sikap
- Mampu membaca Al Qur’an dengan baik, benar dan lancar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid
- Hafal juz 30 dan 29
- Mampu beribadah dengan baik dan benar sesuai dengan tuntunan syari’at Islam baik ibadah wajib dan ibadah sunnah
Berkarakter:
- Mampu berakhlak mulia dengan meneladani sifat, sikap, serta kepribadian Rasulullah dan para sahabat
- Mampu menaati tata tertib yang berlaku di sekolah
- Mampu menunjukkan karakter religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi , bersahabat/komunikatif, cinta damai gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, dan tanggungjawab dalam kehidupan sehari –hari
Berprestasi:
- Memiliki tingkat kelulusan 100%
- Mampu berprestasi dalam bidang akademik dan non akademik
B. Misi Sekolah
Misi SD Islam Terpadu Ibnu Mas’ud adalah:
- Mengoptimalkan pengamalan ajaran Islam dalam kehidupan:
- Sholat 5 waktu tertib dan tanpa disuruh
- Rajin Membaca Qur’an
- Mengamalkan akhlaq al qur’an
- Mengoptimalkan pembinaan prestasi akademik dan non akademik
- Menciptakan proses belajar mengajar yang efektif sehingga potensi siswa berkembang secara optimal.
- Melaksanakan pembelajaran HOTS dan kecakapan abad 21
- Melaksanakan bimbingan belajar secara kontinyu dan menyeluruh sesuai dengan potensi anak.
- Menjadikan figur guru serta petugas sekolah lainnya maupun orang tua peserta didik, sebagai cermin manusia berkepribadian Islam.
- Menumbuhkembangkan kreativitas peserta didik sesuai dengan potensi masing-masing.
- Menerapkan manajemen partisipasi aktif pada semua warga sekolah dan dewan sekolah.
C. Tujuan Pendidikan Dasar
Tujuan pendidikan dasar adalah meletakkan dasar kecerdasan, pengetahuan, kepribadian, akhlak mulia, serta keterampilan untuk hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut (Panduan Penyusunan KTSP oleh BSNP).
Mengacu pada tujuan umum tersebut dapat dijabarkan tujuan pendidikan sebagai berikut:
- Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta akhlak mulia
- Meningkatkan potensi, kecerdasan, dan minat sesuai dengan tingkat perkembangan dan kemampuan peserta didik
- Membekali peserta didik dengan pengetahuan yang memadahi agar dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi
- Mengembangkan keragaman potensi dan karakteristik daerah dan lingkungan untuk menghasilkan lulusan yang dapat memberi kontribusi bagi pengembangan daerah
- Mendukung pelaksanaan pembangunan daerah dan nasional
- Mengembangka ilmu pengetahuan, teknologi dan seni
- Mendukung pentingnya rasa toleransi dan kerukunan antar umat beragama
- Mendorong peserta didik agar mampu bersaing secara global sehingga dapat hidup berdampingan dengan anggota masyarakat lain
- Mendorong wawasan dan sikap kebangsaan dan persatuan nasioanl untuk memperkuat keutuhan bangsa dalam NKRI
- Menunjang kelestarian dan keragaman budaya
- Mendorong tumbuh kembangnya kesetaraan gender
- Mengembangkan visi, misi, tujuan, kondisi, dan ciri khas sekolah
- Tujuan Jangka Menengah 4 Tahunan
- Meningkatnya pelaksanakan keimanan dan ketakwaan kepada Allah Subhanahu wata’ala
- Mampu menjelaskan dasar-dasar ilmu agama Islam dan ilmu pengetahuan serta memparktekkan ilmu tersebut dalam kehidupan sehari-hari.
- Proses pembelajaran menggunakan lembar kerja (belajar dengan melakukan) yang menitikberatkan pada pemahaman konsep serta kombinasi penggunaan teknologi.
- Meningkatkan nilai Ketuntasan Belajar Minimal dari kelas I-VI
- Mewujudkan kultur mutu pendidikan dengan menciptakan media pembelajaran
- Mewujudkan perpustakaan dan alam sebagi sumber belajar
- Meningkatnya prestasi akademik maupun non akademik di tingkat kecamatan, kebupaten dan propinsi.
- Menumbuhkan nilai-nilai karakter mandiri, taqwa dan beramal talenta
- Melanjutkan Pendidikan ke jenjang berikutnya di Lembaga seyayasan
- 2. Rencana operasional sekolah 1 tahun yang akan datang
SD Islam Terpadu Ibnu Mas’ud dalam tahun 2021/2022 untuk mencapai tujuan sekolah merencanakan kegiatan sebagai berikut:
- Mengoptimalkan pembinaan ajaran Islam sesuai dengan tahap perkembangan anak, dengan indikator :
- Sholat lima waktu tertib dan tanpa diperintah
- Puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan
- Hafal dan mempraktekkan do’a-do’a sehari-hari
- Senang beramal baik dan peduli dengan lingkungan
- Dapat mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Melakukan kebiasaan sholat sunnah rawatib dan dhuha
- Memberikan manfaat bagi orang lain dan masyarakat
- Mengoptimalkan pembelajaran Al Qur’an dengan target 100 % siswa dapat membaca Al Qur’an sesuai dengan tingkatannya serta 85 % siswa dapat menjaga hafalan Al Qur’an yang dimiliki
- Meningkatkan prestasi akademik dan non akademik minimal 5 besar di tingkat Kecamatan Wates
- Meningkatkan pembinaan teknologi informasi
- Menambah jumlah sarana untuk proses pembelajaran
- Mewujudkan kedisiplinan dari seluruh warga sekolah untuk membentuk kepribadian yang tangguh dan kokoh dengan indikator :
- Siswa mampu menunjukkan kemampuan memecahkan masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari
- Siswa mampu menunjukkan kegemaran membaca dan menulis.
- Siswa mampu menunjukkan kebiasaan hidup bersih, sehat, bugar, aman, adan memanfaatkan waktu luang
- Siswa mampu berkomunikasi secara jelas dan santun
- Siswa mampu bekerja sama dalam kelompok, tolong menolong, dan menjaga diri sendiri dalam lingkungan keluarga dan teman sebaya.
- Siswa mampu memulai membiasakan diri berprilaku baik seperti jujur, tertib, santun, penyayang dan bertanggung jawab.
- Siswa mampu menunjukkan karakter mandiri, taqwa, beramal talenta
TUJUAN KHUSUS:
- Berkarakter islami
- Khatam Al Qurán
- Hafal 5 juz Al Qur’an
- Mampu meraih kejuaraan
- Melanjutan sekolah ke jenjang berikutnya dalam lingkup satu yayasan
- Berkarakter islami
- Sholat lima waktu tertib dan tanpa diperintah
- Puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan
- Hafal dan mempraktekkan do’a-do’a sehari-hari
- Senang beramal baik dan peduli dengan lingkungan
- Dapat mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri
- Melakukan kebiasaan sholat sunnah rawatib dan dhuha
- Memberikan manfaat bagi orang lain dan masyarakat
Melaksanakan pembiasaan akhlak islami |
– Menyediakan coordinator pembiasaan akhlak islami – Penyususnan program – Pelaksanaan kegiatan pembiasaan – Monitoring – Evaluasi |
- Khatam Al Qurán
Pembelajaran Al qurán |
– Menyediakan coordinator Qurán – Menyediakan guru Qurán – Menyusun target lulusan – Pelaksanaan pembelajaran – Monitoring – Evaluasi |
- Hafal 5 juz Al Qur’an
Pembelajaran Tahfidz Al Qur’an |
– Menyediakan coordinator Qurán – Menyediakan guru Qurán – Menyusun target lulusan – Pelaksanaan pembelajaran – Monitoring – Evaluasi |
- Mampu meraih kejuaran
Program ekstra kurikuler, pembinaan bakat dan minat siswa |
– Penyediaan guru, pelatih dan maestro – Penyususan program kegiatan – Pelaksanaan kegiatan ekskul dan magang – Monitoring – evaluasi |
- Mampu melanjutkan ke sekolah se yayasan
Orientasi ke SMPIT Ibnu Mas’ud |
– penyediaan guru – penyususnan program kegiatan – pelaksanaan kegiatan – monitoring – evaluasi |
STANDAR LULUSAN SDIT IBNU MAS’UD
NO |
STANDAR LULUSAN |
2021-2022 |
2022-2023 |
2023-2024 |
2024-2025 |
1 |
Hafal 5 Juz Al Qur’an |
40% |
40% |
45% |
50% |
2 |
Mampu membaca Al Qur’an |
65% |
70% |
75% |
85% |
3 |
Terbiasa berperilaku islami § Sholat lima waktu tertib dan tanpa diperintah § Puasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan § Hafal dan mempraktekkan do’a-do’a sehari-hari § Senang beramal baik dan peduli dengan lingkungan § Dapat mengenal kekurangan dan kelebihan diri sendiri § Melakukan kebiasaan sholat sunnah rawatib dan dhuha § Memberikan manfaat bagi orang lain dan masyarakat · |
80% |
90% |
95% |
100% |
4 |
Berperan aktif dalam kegiatan perlombaan |
20% |
20% |
25% |
25% |
5 |
Melanjutkan Pendidikan ke jenjang atasnya |
100% |
100% |
100% |
100% |
6 |
Meneruskan ke SMPIT Ibnu Mas’ud |
30% |
30% |
40% |
40% |
SARANA PRASARANA
NO |
SARANA PRASARANA |
2021-2022 |
2022-2023 |
2023-2024 |
2024-2025 |
1 |
Tamanisasi |
v |
|||
2 |
Penambahan meja kursi |
56 set |
56 set |
56 set |
56 set |
3 |
Perbaikan dan perawatan kelas |
v |
v |
v |
v |
4 |
Perbaikan dan perawatan kamar mandi |
v |
v |
v |
v |
5 |
Pojok baca |
Kelas 1-2 |
3-4 |
5-6 |
1-6 |
6 |
Pembangunan gudang |
v |
|||
7 |
Panggung minat bakat |
v |
|||
8 |
Gudang |
v |
|||
9 |
Pagarisasi |
v |
|||
10 |
Halaman bermain disertai media permainan (visual) |
v |
|||
11 |
Literasi di tembok, lantai, tangga sekolah |
v |
SDM ( PENDIDIK DAN TENAGA PENDIDIK )
NO |
2021-2022 |
2022-2023 |
2023-2024 |
2024-2025 |
|
1 |
Pelatihan SDM ( guru kelas ) |
2 |
2 |
2 |
2 |
2 |
Pelatihan SDM ( guru Qurán ) |
2 |
2 |
2 |
2 |
3 |
Pelatihan tenaga pendidik |
3 |
3 |
2 |
1 |
4 |
Penambahan guru kelas |
2 |
|||
5 |
Penambahan guru Qur’an |
3 |
2 |
1 |
|
6 |
Penambahan Guru B. Inggris |
1 |
1 |
||
7 |
Penambahan guru B. Arab |
1 |
1 |
||
8 |
Penambahan Guru PAI |
1 |
1 |
MASUK KE SEKOLAH JENJANG ATASNYA,
NO |
2021-2022 |
2022-2023 |
2023-2024 |
2024-2025 |
|
1 |
Sosialisasi ke siswa |
1 |
1 |
2 |
2 |
2 |
Sosialisasi ke orang tua siswa |
1 |
1 |
2 |
2 |
3 |
Orientasi ke sekolah jenjang atasnya (SMPIT Ibnu Mas’ud) |
1 |
1 |
1 |
1 |
KESISWAAN
NO |
2021-2022 |
2022-2023 |
2023-2024 |
2024-2025 |
|
1 |
Mengikutkan dalam kegiatan lomba bertaraf nasional / provinsi |
Kabupaten |
Provinsi |
Nasional |
Nasional |
2 |
Ekskul |
Ekskul bersifat wajib diikuti semua anak |
Ekskul diikuti anak sesuai minat dan bakatnya masing – masing |
Ekskul diikuti anak sesuai minat dan bakatnya masing – masing |
Ekskul diikuti anak sesuai minat dan bakatnya masing – masing |
3 |
Magang / PPL |
2 kali |
2 kali sesuai minat bakat siswa |
2 kali sesuai minat bakat siswa |
2 kali sesuai minat bakat siswa |
4 |
Rekreasi ( untuk kelas VI ) |
– |
1 |
1 |
1 |
5 |
Penimbangan berat badan |
1 kali / bulan |
1 kali / bulan |
1 kali / bulan |
1 kali / bulan |
6 |
Pemeriksaan Kesehatan |
1 kali / tahun |
2 kali / tahun |
2 kali / tahun |
22 kali / tahun |
7 |
Kerja bakti diikuti seluruh elemen sekolah |
3 kali / semester |
3 kali / semester |
3 kali / semester |
3 kali / semester |
8 |
BPI |
1 kali / pekan |
1 kali / pekan |
1 kali / pekan |
1 kali / pekan |